Wednesday 11 July 2012

essai beasiswa karya salemba 4

ESSAI
            NAMA: Sandi Suroyoco Sinambela
            NIM    : 23010110110031 fakultas peternakan dan pertanian
1.      Alasan memilih jurusan:
Karena saat SMA nilai saya yang tertinggi selalu biologi, kemudian seorang guru mengevaluasi rapot saya dan mengatakan kamu cocoknya di sains. Hal yang saya pertimbangkan saat itu adalah kompetitor yang sedikit akan membuat peluang yang semakin tinggi.
            Undangan PSSB datang, saya melirik banyak jurusan antaralain: mipa, saya berpikir bahwa MIPA itu kurang spesifik untuk saya kuasai. Kelautan, tapi saya berpikir saya tidak memiliki laut untuk menerapkan ilmu nantinya dan saya adalah asli anak yang lahir di pegunungan tidak mengenal laut. Kedokteran ! apa? Kurungkan niat itu kata hati waktu itu. Kemudian saya melihat PSSB peternakan awalnya saya tidak yakin, karena 5 saudaraku tidak menyetujui. saudara ku pingin saya ada di hukum karena saya ketua osis saat itu. Orang  tua menyarankan “peternakan aja nak, hukum itu banyak dosanya” lalu saya mengirim surat pendaftaran PSSB  undip jurusan peternakan. Kemudian pengunguman mengatakan anda masuk!
            Kemudian sempat tidak berminat lagi karna saudara saya tetap mengatakan bahwa kau itu layaknya di mesin, memang benar 1 tahun saya membantu saudara bekerja di bengkel motor. Pada saat itu yang memperkuat hati adalah aku suka pada ternak. Saya pernah memelihara ayam dari menetas hingga dewasa, ayam tersebut aku buat dikamar tidurku sankin dekatnya. Hal yang mengherankan lagi saat saya masuk jalur PSSB sorenya saya pergi kehutan dikejutkan seekor anak ayam putih, aku mengejarnya di semak semak akhirnya ketangkap. Saya sangat senang, saat itu aku hanya ingat satu kata yaitu peternakan yess. Apakah itu kejadian yang kebetulan atau tidak saya meyakini sampai sekarang, saya pasti akan berhasil dari peternakan. Tidak ragu lagi saya langsung berangkat dari Medan ke Undip. Anak kampung yang tidak punya keluarga di Semarang panjang sekali cerita perjalanan saya, tapi itu saya nikmati saat saya sudah kuliah di peternakan. Setelah masuk peternakan ternyata tidak semudah yang ada dipikiranku.
2.      Alasan mengapa perlu besiaswa, karena saya sangat membutuhkannya untuk kepentingan akademik, terutama untuk SPP. Orang tua, bapak yang backgroundnya adalah PNS golongan 3A (tidak ada jabatan) kurang mampu membiayai perkuliahan 2 orang dan 1 orang SMA. Ibu sebagai ibu rumah tangga. Melemahnya ekonomi orangtua adalah alasan yang tepat buat saya. Saya ingin meringankan beban mereka. Menurut saya, aku pantas mendapatkan beasiswa, melihat teman-teman yang berkendaraan pergi ke kampus, padahal saya sudah 2 tahun berjalan kaki ke kampus dengan waktu tempuh 10-12 menit, bukan semata mata saya ingin jalan kaki terus tapi menghemat biaya transportasi.
3.      Rencana jangka panjang setelah lulus kuliah
Pastinya saya akan mencari pengalaman di bidang peternakan. Saya akan menjadi pekerja selama 5 tahun dibidang peternakan. Jika saya berkarir di tempat kerja tersebut maka akan tetap disana. Selama lima tahun itu akan saya putuskan menjadi pekerja atau balik ke kampung merintis usaha peternakan.  Akan tetapi jika saya sudah mendapatkan modal dan keberanian mengambil resiko saya akan balik ke Medan dan merintis peternakan unggas. Berhubung karena di tempat kelahiran saya siborongborong, kabupaten tarutung, sumatra utara masih sedikit peternak membuka peluang bagi saya untuk menjadi pengusaha ternak disana. Saya berkeinginan akan balik ke kampung disaat saya sudah bisa membangun kampung tersebut. terimakasih

No comments: