Wednesday, 17 October 2012

RANCANGAN DAN HARAPAN By: Sandi Suroyoco Sinambela At MBC, Maerah sari acara wisudaan PARHATA SEMARANG


RANCANGAN DAN HARAPAN
By: Sandi Suroyoco Sinambela


At MBC, Maerah sari acara wisudaan PARHATA SEMARANG

Mahasiswa batak Semarang

Yeremia 29:11
Sebab aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu.
Demikian firman Tuhan, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan  yang penuh  harapan.

            Saat ini kita akan mendalami tentang rancangan dan harapan.  Rancangan dan harapan tidak akan pernah lepas dari pengaruh waktu.  Saudara mungkin mengingat waktu SD punya harapan untuk masuk ke SMP, setelah SMP berharap untuk masuk SMA, setelah masuk SMA berharap masuk kuliah. Setelah kuliah, segera lulus, pingin punya pekerjaan, setelah punya pekerjaan KAPAN PUNYA ANAK, KAPAN PUNYA CUCU.  Pada akhirnya loas au ninna ateh (kembali ketanah).

            Itu adalah rangkaian harapan yang terbentuk dalam suatu rancangan.
Mungkin diantara kita pernah berpikir bahwa bahwa itu adalah bagian dari rancangan kita.  Kita patutnya bangga dengan rancangan yang telah terlaksana itu.

            Akan tetapi yang kita ketahui dari firman ini adalah bahwa rancangan itu adalah dari Dia dan harapan kita itu bertumpu dan dikendalikan oleh Tuhan, Dia sudah tau, dan memang itu adalah rancangan Tuhan sendiri. 
Kata motivasi yang mengawali kita pada malam hari ini adalah bahwa rancangan yang saudara, kakak, abang, dan natuatua kami bukan lah rancangan Tuhan. “Sebab Rancangan Tuhan bukanlah Rancangan kita dan rancangan kita bukanlah rancangan Tuhan”. 

Yang menjadi masalah ialah bagai mana kita bisa tau apasih rancangan Tuhan buat kita?  Jawabannya adalah hanya dengan melatih kepekaan kita pada hikmat Roh Kudus dan menggunakan kuasanya kita akan lepas dari kebiasaan dosa kemudian kepekaan kita akan benar- benar mengetahui rancangan Tuhan.

Kita akan memenggal kalimat yang kedua: Demikian firman Tuhan, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, parasi roha nabotul do Tuhantai. Mual namauli basa dohot mual namauli utus ai rancanagn damai sejahtera do di lehon tu hita.
Jadi buat kakak abang kami yang wisuda, jangan pernah takut ngadilehon dame, dilehon dope (masih diberikan) sejahtera ateh.. amen!

            Punguan namar las niroha (saudara yang terkasih). Ini adalah salah satu kalimat janji dari Tuhan. Kalau kita membaca Yosua 21:43-45 dikatakan bahwa Apa yang dijanjikan oleh Tuhan kepada orang Israel semuanya terlaksana.  Nah demikian juga dengan kita umat-Nya. Maka punguan na nihaholongan marilah kita secara rutin membaca ataupun mendengarkan firman Tuhan karna dari sanalah kita akan menjumpai janji-janji dan Rancangan Allah dan harapan kita kedepannya. 

Untuk kakak dan abang yang lulus menempuh kuliah pasti berharap dan sudah membuat rancangan kedepan. Dapat ditebak pasti akan mencari pekerjaan.  Yang Firman Yeremia katakan kepada kakak abang adalah janji Tuhan akan diberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.
Amenn. Martangiang ma hita

Post a Comment