Sunday 31 March 2013

AKU SIAPA? By: sandi suroyoco sinambela


AKU SIAPA?
By: sandi suroyoco sinambela


Aku adalah anak kampungan
Aku adalah anak yang susah
Menelan segenggam nasipun aku harus bersusah payah
Meneguk setetes airpun aku harus mengerahkan separoh tenagaku
Apalagi memakai sehelai kain yang menempel ditubuhku
Butuh waktu yang lama aku mendapatkannya
Tak lain dan tak asing kalau tempelan dan tambalan lubang yang sudah berpuluhkali di pakaianku, menjadi gaya unik tersendiri yang aku miliki
Tak ada yang mengalasi telapak kakiku
Tatapan yang sayu selalu keluar dari mataku
Wajah yang hitam kelam yang terpanggang matahari setiap harinya menjadi gambaran nyata hidupku


Aku disana bekerja keras
Menantang alam yang tidak pernah bisa bernegosiasi padaku
Menempuh jalannya hidup sampai-sampai tulang ku ikut terperas
Aku adalah anak yang ingin mencari matahari hidup
Matahari yang seugianya pemberi energi yang tidak akan henti
Aku tidak hidup digurun
Aku hidup di gunung, sumber oksigen yang melimpah
Aku tidak hidup di kutup
Aku hidup dilaut sumber ikan melimpah

Aku terpaksa meninggalkan gunung dan laut
Dan memulai belajar hidup dari kutup dan gurun
Gairah hidupku yang kian hampir putus
Tersambung perlahan dan ternyata membuatku menjadi kokoh
Seperti batu karang yang tetap berdiri kokoh meski terkikis namun terbentuk lagi
Dari koral yang memberiku kekuatan baru
Kekuatan bukanlah hal yang mudah untuk aku peroleh
Terkadang harus dengan mengorbankan darah terlebih dahulu
Akulah orang yang malang yang berjuang keras demi kelangsungan hidup dan berharap keras membangun tiang-tiang kekuatan baik  energi dan ekonmi ku.



No comments: