Sunday 20 January 2013

Kartu ujian peternakan undip oleh: sandi Suroyoco Sinambela


Kartu ujian peternakan,
Oleh: Sandi Suroyoco Sinambela




Saya sekarang sudah menyelesaikan study 5 semester.  10 kali saya ujian, tidak pernah lupa memperhatikan apa yang tertera di dalam kartu ujian saya.  9 kali ujian, kartu itu masih terlihat sama saja.  Terakhir ujian UAS ini ada sedikit perbedaan.  Ini berarti ada perkembangan yang patut kita appresiasi pada pengajaran.

Bukan maksud hati selalu melihat kelemahan untuk saya kicaukan kepada teman teman mahasiswa, itu bukan cara saya.  Saya ingin memberikan masukan lewat tulisan ini. 

Sangat disayangkan saya memiliki kartu ujian tapi tidak terpakai dengan efektif. Imformasi yang sangat penting saya lihat dari kartu ujian adalah ruangan, jam ujian, nomor kursi.  Sehingga saat kartu ujian sudah ditangan saya sudah tau persis jadwal ada yang tabrakan atau tidak.  tidak perlu ada tempelan nomor kursi di samping ruangan. Bahkan tidak perlu ngantri mencatat jadwal  ke Dekanat. 
Sejauh ini kolom untuk imformasi itu sudah ada, tetapi sayang kolom itu belum diisi.  Kemudian saya berpikir  untuk apa gunanya kartu ujian ini? apakah hanya sebuah formalitas saja?  Saya yakin tujuan dari kartu ujian sangatlah penting bagi mahasiswa baik untuk dosen pengawas. 

Apakah kartu ujian Fakultas Peternakan sama dengan kartu ujian Fakultas lainya?

Timbul niat untuk mengetahui kartu ujian anak fakultas lain.  Kebetulan teman kos saya anak anak hukum. Saya menyempatkan waktu untuk meminjam kartu ujiannya untuk saya cocokkan dengan kartu ujian peternakan.  Ternyata imformasi yang penting yang saya sebutkan tadi sudah tertera di kartu ujian itu.  Isi kolomnya seperti ini: mata kuliah, kelas, jam, ruang, no. Kursi, persentase kehadiran serta tandatangan pengawas.

Saya melihat ada perbedaan di persentase kehadiran.  Akan tetapi saya kembali berpikir sedangkan kolom ruangan, jam ujian, nomor kursi saja belum diisikan apalagi persentase kehadiran.  Saya malah berfikir negatif kepada pengajaran, kemungkinan ada kecanggungan kerja tim didalamnya.  Apa ia? Kelemahannya adalah kekurangan SDM saya rasa itu bukan jawaban yang logis

Saya menyampaikan bahwa bukan maksud hati juga membanding-bandingkan Fakultas Peternakan dengan Fakultas lainnya.  Tapi apakah kita mau Peternakan jalan ditempat? Kan tidak!  maka untuk itu saya menyampaikan dan memberi tahu teman-teman saya untuk bersama-sama menyuarakannya demi kebaikan kita bersama, untuk responsibel pada masalah-masalah kecil yang ada di peternakan.


Masalah ini tidak bertumpu pada mahasiswa tetapipada pengajaran, jadi hendaknya kita menyampaikan yang satu ini.

Terimakasih....

No comments: