Kartu ujian peternakan,
Oleh: Sandi Suroyoco Sinambela
Saya sekarang sudah
menyelesaikan study 5 semester. 10 kali
saya ujian, tidak pernah lupa memperhatikan apa yang tertera di dalam kartu
ujian saya. 9 kali ujian, kartu itu
masih terlihat sama saja. Terakhir ujian
UAS ini ada sedikit perbedaan. Ini
berarti ada perkembangan yang patut kita appresiasi pada pengajaran.
Bukan maksud hati
selalu melihat kelemahan untuk saya kicaukan kepada teman teman mahasiswa, itu
bukan cara saya. Saya ingin memberikan
masukan lewat tulisan ini.
Sangat disayangkan
saya memiliki kartu ujian tapi tidak terpakai dengan efektif. Imformasi yang
sangat penting saya lihat dari kartu ujian adalah ruangan, jam ujian, nomor kursi. Sehingga saat kartu ujian sudah ditangan saya
sudah tau persis jadwal ada yang tabrakan atau tidak. tidak perlu ada tempelan nomor kursi di
samping ruangan. Bahkan tidak perlu ngantri mencatat jadwal ke Dekanat.
Sejauh ini kolom
untuk imformasi itu sudah ada, tetapi sayang kolom itu belum diisi. Kemudian saya berpikir untuk apa gunanya kartu ujian ini? apakah
hanya sebuah formalitas saja? Saya yakin
tujuan dari kartu ujian sangatlah penting bagi mahasiswa baik untuk dosen
pengawas.
Apakah kartu ujian
Fakultas Peternakan sama dengan kartu ujian Fakultas lainya?
Timbul niat untuk
mengetahui kartu ujian anak fakultas lain.
Kebetulan teman kos saya anak anak hukum. Saya menyempatkan waktu untuk
meminjam kartu ujiannya untuk saya cocokkan dengan kartu ujian peternakan. Ternyata imformasi yang penting yang saya
sebutkan tadi sudah tertera di kartu ujian itu. Isi kolomnya seperti ini: mata kuliah, kelas, jam, ruang, no. Kursi, persentase
kehadiran serta tandatangan pengawas.
Saya melihat ada
perbedaan di persentase kehadiran. Akan
tetapi saya kembali berpikir sedangkan kolom ruangan, jam ujian, nomor kursi saja belum diisikan apalagi
persentase kehadiran. Saya malah
berfikir negatif kepada pengajaran, kemungkinan ada kecanggungan kerja tim
didalamnya. Apa ia? Kelemahannya adalah
kekurangan SDM saya rasa itu bukan jawaban yang logis
Saya menyampaikan
bahwa bukan maksud hati juga membanding-bandingkan Fakultas Peternakan dengan
Fakultas lainnya. Tapi apakah kita mau
Peternakan jalan ditempat? Kan tidak!
maka untuk itu saya menyampaikan dan memberi tahu teman-teman saya untuk
bersama-sama menyuarakannya demi kebaikan kita bersama, untuk responsibel pada
masalah-masalah kecil yang ada di peternakan.
Masalah ini tidak
bertumpu pada mahasiswa tetapipada pengajaran, jadi hendaknya kita menyampaikan
yang satu ini.
Terimakasih....
No comments:
Post a Comment